Cara Ngeflash HP Samsung

Cara Ngeflash HP Samsung – Samsung adalah salah satu raksasa smartphone yang menguasai jagad smartphone saat ini. Samsung memang terkenal akan produknya yang berkualitas tinggi meskipun masih dengan banderolan harga yang lumayan diatas rata-rata. Namun demikian, hal tersebut tak lantas membuat peminatnya kabur, bahkan semakin menggilai smartphone keluaran dari Samsung.

Ada banyak sekali smartphone yang sudah dibesut oleh vendor Samsung ini, mulai dari yang dibanderol dengan harga murah hingga yang harganya fantastis. Hal tersebut tentunya sudah disesuaikan dengan kualitas yang diusung oleh masing-masing smartphone. Dibalik semua keunggulannya, yang namanya alat teknologi pasti memiliki masa. Dimana disuatu kasus smartphone akan mengalami masalah, seperti kinerja melambat, bootloop, har brick, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

Tenang saja, kita hanya perlu melakukan cara ngeflash HP Samsung untuk memperbaikinya. Dengan cara ngeflash HP Samsung ini maka smartphone akan kembali ke kondisi semula seperti saat pertama kali membelinya. Smartphone akan di reset ke kondisi awal pabrik sehingga semua file atau aplikasi yang ada sebelumnya akan terhapus. Lantas, bagaimana cara ngeflash HP Samsung tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Ngeflash HP Samsung

Cara Ngeflash HP Samsung

Sebelum lenjut ke cara ngeflash HP Samsung, pertama Anda harus persiapkan terlebih dahulu alat-alatnya, seperti :

  • Firmware sesuai tipe HP Samsung yang Anda miliki, bisa mencari dan mendownloadnya di samsung-firmware.org
  • Samsung USB Driver
  • Aplikasi Odin
  • Kabel data
  • PC atau Laptop

Setelah alat-alat diatas sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengenai cara ngeflash HP Samsung yang Anda miliki tersebut. Untuk langkah-langkah selengkapnya, silahkan simak berikut ini:

  1. Siapkan smartphone dengan daya baterai minimal tersisa 50%, lebih banyak juga lebih aman.
  2. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver di PC atau Laptop. Ini berguna agar smartphone bisa terdeteksi oleh PC atau laptop saat dihubungkan nanti. Meskipun demikian, ada beberapa PC atau laptop yang tidak memerlukan driver USB ini untuk mendeteksi smartphone Samsung yang dihubungkan.
  3. Setelah itu, install juga aplikasi flashingnya yang mana dalam hal ini adalah Aplikasi Odin.
  4. Untuk smartphone-nya, silahkan Anda matikan kemudian hidupkan kembali dengan cara masuk ke mode download firmware. Caranya adalah dengan menekan tomtol Power + Home + Volume Down. Tekan secara bersamaan ketiga tombol tersebut hingga smartphone bergetar atau muncul tampilan di layar.
  5. Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan smartphone Samsung dengan PC atau laptop menggunakan kabel data. Sampai disini biasanya laptop akan mendeteksi langsung smartphone yang dihubungkan.
  6. Kemudian tekan tombol Volume Up hingga nanti akan muncul notifikasi. Abaikan dan pilih saja Terisi Otomatis.
  7. Langkah dalam cara ngeflash HP Samsung berikutnya adalah dengan memasukkan firmware Samsung ke aplikasi Odin. Namun terlebih dahulu ekstrak file Firmwarenya dan letakkan di tempat yang mudah di cari.
  8. Kemudian, pada aplikasi Odin silahkan Anda tap pada opsi AP lalu kemudian carilah file firmware yang berextnsi Tar.MD5. Klik pada pilihan OK lalu kemudian langsung tap Start.
  9. Tunggu sampai proses flashing selesai dan smartphone Samsung akan secara otomatis melakukan reboot atau restart.
  10. Jika sudah selesai, cabut kabel data dari smartphone dan lihat hasilnya. Smartphone Samsung akan kembali baru seperti pertama kali membelinya.

Sekarang kinerja smartphone akan lebih ringan dan cepat dengan semua masalah seperti, lemot, bootloop atau yang lainnya sudah teratasi. Cukup mudah kan cara ngeflash HP Samsung diatas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *