Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa – Menjadi seorang mahasiswa kita dituntut untuk selalu berpikir idealis dalam melakukan hal apapun. Termasuk juga dalam memilih laptop untuk kebutuhan menuntut ilmu. Laptop memang penting peranannya bagi mahasiswa, baik yang berada di jurusan teknologi dan informasi ataupun jurusan lainnya. Laptop berguna untuk banyak hal, seperti mengejakan tugas kampus, mencari informasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Khusus yang memilih jurusan IT, pasti akan sangat membutuhkan laptop ini. Kebutuhan akan laptop yang cukup tinggi, tentu harus memikirkan semua hal sebelum Anda membelinya.

Misalnya saja dari segi spesifikasi, performa dan tak lupa juga sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tetapi demikian tak banyak mahasiswa yang akan membeli laptop baru, memikirkan hal tersebut sebelum membeli laptop. Lantas, bagaimana cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa? Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan

Cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan menyesuaikan spesifikasi laptop yang akan dibeli dengan kebutuhan Anda dalam berkuliah. Misalkan Anda mengambil jurusan multimedia, tentu spesifikasi yang tinggi sangat diperlukan. Lain halnya untuk Anda yang kuliah mengambil jurusan pendidikan, laptop dengan spesifikasi standar dirasa sudah sangat cukup. Mengingat kebutuhan akan sebuah laptop tidak terlalu berat dan sering.

Pilih laptop yang berkemampuan multitasking

Selanjutnya untuk cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa yang perlu Anda terapkan adalah dengan memilih laptop yang berkemampuan multitasking. Multitasking disini berarti laptop bekerja dengan baik saat digunakan untuk banyak hal dalam waktu bersamaan. Misalnya saja saat akan mengerjakan tugas laporan, pasti yang dibutuhkan adalah membuka MS. Word atau Ms. Power Point, serta untuk bahannya mencari di internet melalui browser Chrome atau Firefox. Mungkin juga akan menjalankan pemutar musik untuk melancarkan suasana. Kemampuan multitasking tentu sangat dibutuhkan untuk mencakup aktifitas ini.

Memilih laptop Pre-Installed Windows

Sekarang ini marak sekali pembajakan, salah satunya adalah pembajakan OS Windows. Karena itulah pastikan Anda membelu laptop yang sudah di install OS Windows Original dari pabrikan. Sebagai mahasiswa tentu tidak etis jika masih menggunakan OS Windows bajakan yang tentunya melanggar hak cipta. Ini bukan sifat dari mahasiswa sejati.

Lihat garansi laptop

Kebanyakan laptop baru akan diberi garansi, baik itu garansi toko maupun garansi dari pusat pabrikan laptop itu sendiri. Sebaiknya sebelum membeli laptop, pastikan garansi masih ada, baik itu dengan jangka 1, 2, atau bahkan 3 tahun keatas. Ini sangat penting diperhatikan untuk menyiasati saat terjadi kerusakan pada hardware laptop, maka Anda bisa langsung mengajukan garansi. Beberapa komponen laptop biasanya dibanderol dengan harga cukup mahal, sehingga jika tidak ada garansi maka akan menguras kantong Anda dalam-dalam.

Sesuikan dengan budget yang Anda miliki

Dan cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa yang terakhir adalah dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Spesifikasi gahar memang sangat penting untuk memastikan performa apik dari laptop. Tapi budget adalah pilihan utama yang paling penting dari segalanya. Bagaimana bisa membeli sebuah laptop baru yang berspesifikasi gahar jika budget yang Anda miliki tidak mencukupi? Karena itulah, pastikan budget Anda sudah cukup unuk membeli sebuah laptop baru yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Terapkan beberapa cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa diatas agar Anda mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhan dan keinginan pastinya. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *