7 Cara Investasi Reksa Dana Bagi Pemula Dengan Mudah

Anda ingin memulai berinvestasi dan masih tergolong pemula? Maka cara investasi reksadana dalam artikel kami ini akan memberikan inspirasi untuk investasi reksanadana.

Baca seterusnya…

Anda telah terima upahan dari kerja hasil kerasnya? Ok baik. Bila telah berapapun upah atau penghasilan yang Anda terima, sebaiknya penghasilan itu dapat disisihkan untuk berinvestasi, untuk berencana hari esok yang lebih cerah. Investasi jadi pilihan yang pas untuk Anda yang ingin memperoleh hasil yang lebih dari dana yang Anda punya. Salah satunya pilihan investasi ialah reksa dana, yang disebut pilihan yang pas untuk investor pemula yang ingin mengawali berinvestasi. reksa dana pas untuk investor pemula karena bisa diawali dengan modal yang dikit serta dikelola dengan profesional oleh manajer investasi, yang tercatat serta dipantau oleh Otoritas Layanan Keuangan (OJK). Lalu apakah itu reksa dana?

Apakah itu investasi reksadana?

Reksa dana ialah wadah untuk mengumpulkan dana dari penduduk pemodal (investor). Dana yang sudah terkumpul itu nanti akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Reksa dana adalah instrumen investasi yang tercatat serta dipantau oleh OJK, dan manajer investasi yang mengelolanya juga tercatat serta dipantau oleh OJK. Menjadi Anda tak perlu cemas dana Anda akan hilang. Akan tetapi sebelum berinvestasi sebaiknya Anda tahu tips awal berinvestasi reksa dana di bawah ini.

Cara investasi reksadana bagi pemula

Cara investasi reksadana bagi pemula

1. Tetapkan arah investasi Anda

Sebelum mengawali berinvestasi, Anda butuh tahu apakah sebetulnya arah investasi Anda. Arah Investasi dapat jadi motivasi Anda dalam menggerakkan investasi karena tiap-tiap arah investasi memiliki periode waktu serta profil resiko yang berlainan, hingga instrumen investasinya juga mesti sesuai. Arah Investasi ini nanti bisa jadi patokan dalam memastikan reksa dana yang pas buat Anda sesudah tahu periode waktu investasi dan profil resiko Anda.

2. Ketahui Resiko Profil Anda

Bergantung dari macamnya, reksa dana mempunyai profil resiko yang berlainan. Karenanya untuk pilih reksa dana yang sama dengan Anda begitu terpenting untuk mengetahui profil resiko Anda terlebih dulu. Profil atau toleransi resiko ialah potensi serta ‘kerelaan’ investor untuk terima peluang atas kehilangan beberapa atau semua pokok investasi untuk mencapai kemampuan imbal hasil yang semakin besar. Seseorang investor dengan profil resiko agresif condong mempunyai toleransi resiko yang tinggi, yang mungkin berani kehilangan sejumlah besar uangnya untuk menguber imbal hasil yang tambah tinggi. Di lain sisi, seseorang investor dengan profil resiko konservatif condong akan pilih investasi yang menjaga pokok investasinya. Karena itu, Anda butuh mengetahui profil resiko yang sama dengan Anda. Agar bisa kenal profil resiko anda bisa coba disini.

3. Tetapkan lebih dahulu periode waktu investasi

Sesudah Anda mengetahui profil resiko, setelah itu Anda bisa memastikan periode waktu investasi yang sama dengan profil resiko Anda. Investasi reksa dana memerlukan periode waktu yang berlainan. Ada yang kurang dari satu tahun, 1-3 tahun. 3-5 tahun, bahkan juga ada yang lebih dari 5 tahun. Jika periode waktu investasi Anda kurang dari satu tahun, Anda dapat pilih reksa dana pasar uang yang cuma berinvestasi pada instrumen pasar uang seperti deposito, hingga risikonya juga lebih rendah, serta condong konstan. Untuk periode waktu 1-3 tahun, Anda bisa berinvestasi pada reksa dana penghasilan masih. Selain itu, untuk periode waktu 3-5 tahun, Anda bisa berinvestasi pada reksa dana kombinasi. Paling akhir, jika Anda inginkan investasi lebih dari 5 tahun, karena itu reksa dana saham dapat jadi pilihan untuk Anda. Butuh dilihat jika periode waktu investasi ini cuma adalah tips umum. Untuk mulai berinvestasi, Anda harus tetap terlebih dulu kenal profil resiko Anda.

4. Cari manajer investasi terpercaya

Perusahaan manajemen investasi atau sering dimaksud manajer investasi ialah pihak yang mengurus serta menginvestasikan dana penduduk yang sudah terkumpul, ke beberapa instrumen investasi, berbentuk reksa dana. Untuk membuahkan reksa dana terunggul, Manajer Investasi akan berusaha untuk mengurus berdasar pada analisis keuangan serta analisis pasar secara detail. Perusahaan manajer investasi yang memiliki reputasi baik biasanya mempunyai team investasi yang komplet dan proses investasi yang terstruktur serta bisa dipertanggungjawabkan.

5. Gali info bagaimana proses uang Anda investasikan

Info tercatat serta terinci seperti yang tercatat di prospektus reksa dana, bisa memberi info bagaimana proses uang Anda diinvestasikan, siapa yang mengurus investasi nya serta info lainnya tentang produk dengan lebih detil. Info itu diinginkan bisa menolong Anda untuk akan memutus apa produk itu sama dengan yang Anda harap. Untuk tahu kapasitas historis serta ringkasan tentang produk reksa dana spesifik, anda bisa membaca Fund Fact Sheet serta Product Card reksa dana itu.

6. Ketahui serta check biaya-biaya reksadana

Waktu berinvestasi di reksa dana, ada banyak biaya-biaya yang dipakai pada investor salah satunya cost pembelian unit penyertaan (subscription fee), cost penjualan kembali unit penyertaan (redemption fee), cost pengalihan unit penyertaan (switching fee), serta cost transfer bank berkaitan.

Pada dasarnya, cost pembelian (subscription fee) akan dipakai waktu Anda lakukan pembelian unit penyertaan reksa dana. Lalu, cost penjualan kembali (redemption fee) ialah cost yang dipakai saat anda jual kembali unit penyertaan reksa dana (mencairkan investasi) yang dipunyai. Selain itu, cost pengalihan (switching fee) ialah cost transaksi untuk mengubah dari reksa dana yang satu ke reksa dana yang lain, yang dikelola oleh manajer investasi yang sama. Untuk biaya-biaya ini, besarnya beragam serta diputuskan oleh agen penjual dampak reksa dana yang berkaitan, akan tetapi Anda harus juga pastikan jika cost itu tidak melebihi apakah yang telah tercatat didalam prospektus.

7. Tetapkan dimana Anda akan beli reksadana

Tetapkan di mana Anda akan beli reksa dana. Pilih perusahaan Manajer Investasi yang telah memiliki pengalaman dengan trek record yang terpercaya.

Baca juga, informasi investasi dibawah ini:

    Cara investasi emas
    Cara investasi emas untuk mahasiswa
    Cara investasi emas di pegadaian

Itu cara-cara yang butuh Anda lihat bila ingin mengawali berinvestasi pada reksa dana. Tak perlu bingung lagi menanyakan bagaiamana langkah investasi reksadana buat pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *